Tuesday, August 4, 2020

SKENARIO DARING (PEMBELAJARAN ONLINE) MASA PADEMIK COVID-19


Sekolah                     : SMA Swasta Imelda Medan

Mata Pelajaran          : Sejarah Indonesia

Kelas/Semester          : X-MIA 1 / Gasal

Tema Daring             : Konsep Perubahan dan Keberlanjutan dalam Sejarah (Lanjutan)

  Alokasi Waktu          : 1 Minggu x 2 Jam Pelajaran @30 Menit

 

A.    Tujuan dan Persiapan Pembelajaran Daring (Online)

Tujuan

Persiapan Pembelajaran

1.      Melalui Kegiatan Pembelajaran ini, WAG & Classroom Peminatan Mia dapat Memahami makna perubahan;

2.      Melalui Kegiatan Pembelajaran ini, WAG & Classroom Peminatan Mia dapat Memahami makna keberlanjutan;

3.      Melalui Kegiatan Pembelajaran ini, WAG & Classroom Peminatan Mia dapat Menjelaskan dengan singkat contoh perubahan dan contoh keberlanjutan dalam sejarah.

1.      Pengajar dan WAG & Classroom Peminatan Mia mengaktifkan Aplikasi WA dan Classroom;

2.      Pengajar memastikan Peserta Daring (Pembelajaran Online) semuanya telah bergabung di WAG & Classroom;

3.      Pengajar membagikan Daftar Absen dan materi dalam bentuk Dokumen, Gambar dan Video.

 

B.     Alat, Bahan dan Media Pembelajaran

Buku, Alat Tulis, Sumber Internet, PC, Tablet dan HP Android

 

C.    Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Inti (45 Menit)

1.      Pengajar mengarahkan Peserta Daring (Pembelajaran Online) Peminatan Mia melalui WAG dan Classroom untuk Membaca buku teks dan/melihat tayangan film pendek tentang aktivitas manusia sehari-hari;

2.      Pengajar meminta Peserta Daring (Pembelajaran Online) Peminatan Mia melalui WAG dan Classroom untuk Membuat dan mengajukan pertanyaan/tanya jawab/berdiskusi tentang informasi tambahan yang belum dipahami/ingin diketahui sebagai klarifikasi tentang konsep perubahan dan keberlanjutan dalam sejarah;

3.      Pengajar meminta Peserta Daring (Pembelajaran Online) Peminatan Mia melalui WAG dan Classroom untuk Mengumpulkan informasi terkait dengan konsep perubahan dan berkelanjutan dalam sejarah dari sumber tertulis, sumber lainnya dan/atau internet

4.      Pengajar meminta Peserta Daring (Pembelajaran Online) Peminatan Mia melalui WAG dan Classroom untuk Menganalisis hasil informasi mendapatkan kesimpulan tentang konsep perubahan dan berkelanjutan dalam sejarah

5.      Pengajar meminta Peserta Daring (Pembelajaran Online) Peminatan Mia melalui WAG dan Classroom untuk Menyajikan secara tertulis kesimpulan tentang konsep perubahan dan berkelanjutan  dalam sejarah dan hasilnya di uploud ke WA pribadi Pengajar untuk diperiksa dan di nilai.


D. Penilaian

Sikap

Pengetahuan

 

 

 

Keterampilan

:

:

 

 

 

:

Kedisiplinan melalui presensi Online

Pengerjaan Latihan

1.      Jelaskan apa itu Sejarah menurut Abdullah!

2.      Apakah yang dimaksud dengan Ideas Menentukan Sejarah menurut Marxisme?

3.      Deskripsikan analisis Anda mengenai Suatu masyarakat dikatakan mengalami perubahan sosial jika sistem sosialnya juga berubah!

Karya Tulis

Tema : Manusia-manusia Besar yang mengubah Sejarah Indonesia

Langkah-Langkah Pembuatan Karya Tulis

Amati berbagai usaha yang dilakukan Soekarno-Hatta dalam mengantarkan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945. Kumpulkan data sebanyaknya. Anda dapat melakukan wawancara dengan orang-orang yang secara tidak langsung mengetahui Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945 melalui peran Soekarno dan Hatta; melakukan studi kepustakaan (jika ada), melihat foto-foto lama yang berhubungan dengan objek yang Anda amati, lalu hubungkan dengan peran Manusia-manusia Besar yang mengubah Sejarah Indonesia.    

Susun hasil temuan Anda itu lalu buatlah laporan mengenai hasil tersebut ke dalam Karya Tulis Tangan Anda Minimal 3 Lembar Halaman.

Waktu Pengerjaan : 3 Hari (8 Agustus 2020 pkl. 23.59 Wib)

Bentuk Hasil : Kerjakan di buku tulis Sejarah di foto bersama diri Anda serta di kirimkan ke WA Pribadi Pengajar (082160509201).

 

 

Sumber Pembelajaran Daring :

1.      Buku Sejarah kelas X

2.      Modul Sejarah

3.      Abdulgani. Roeslan. 1963. Pengantar Ilmu Sejarah. Jakarta: Prapanca.

4.      Abdullah, Taufik. 1996. “Di Sekitar Pengajaran Sejarah yang Refkletif dan Inspiratif”.

5.      Ali, R. Moh. 2005. Pengantar Ilmu Sedjarah Indonesia. Yogyakarta: Penerbit LKiS.

6.      Carlyle, Thomas. 1841. On Heroes, Hero-Worship, and The Heroic in History. Six Lectures. London: James Fraser

7.      Collingwood R.G. 1966. The Idea Of History. UK: Oxford University Press

8.      Kartodirdjo, Sartono. 1993. Pendekatan Ilmu Sosial dalam Metodologi Sejarah. Jakarta: Gramedia.

 

 

 

Medan, 5 Agustus 2020

Pengajar Mapel Sejarah Indonesia

Ttd

Muhammad Alamsyah, S.S


No comments:

Post a Comment