Sekolah : SMA Swasta Imelda Medan
Mata Pelajaran : Sejarah Indonesia
Kelas/Semester : X-MIA 1 / Gasal
Tema Daring :
Konsep Perubahan dan Keberlanjutan dalam Sejarah (Lanjutan)
Alokasi Waktu : 1 Minggu x 2 Jam Pelajaran @30 Menit
A.
Tujuan dan
Persiapan Pembelajaran Daring (Online)
Tujuan |
Persiapan
Pembelajaran |
1.
Melalui Kegiatan Pembelajaran ini, WAG &
Classroom Peminatan Mia dapat Memahami makna perubahan; 2.
Melalui Kegiatan Pembelajaran ini, WAG &
Classroom Peminatan Mia dapat Memahami makna keberlanjutan; 3.
Melalui Kegiatan Pembelajaran ini, WAG &
Classroom Peminatan Mia dapat Menjelaskan dengan singkat contoh perubahan dan
contoh keberlanjutan dalam sejarah. |
1.
Pengajar dan WAG & Classroom Peminatan Mia
mengaktifkan Aplikasi WA dan Classroom; 2.
Pengajar memastikan Peserta Daring (Pembelajaran
Online) semuanya telah bergabung di WAG & Classroom; 3.
Pengajar membagikan Daftar Absen dan materi dalam
bentuk Dokumen, Gambar dan Video. |
B.
Alat, Bahan dan
Media Pembelajaran
Buku,
Alat Tulis, Sumber Internet, PC, Tablet dan HP Android |
C.
Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan Inti (45
Menit) |
1.
Pengajar mengarahkan Peserta Daring (Pembelajaran
Online) Peminatan Mia melalui WAG dan Classroom untuk Membaca buku teks
dan/melihat tayangan film pendek tentang aktivitas manusia sehari-hari; 2.
Pengajar meminta Peserta Daring (Pembelajaran
Online) Peminatan Mia melalui WAG dan Classroom untuk Membuat dan mengajukan
pertanyaan/tanya jawab/berdiskusi tentang informasi tambahan yang belum
dipahami/ingin diketahui sebagai klarifikasi tentang konsep perubahan dan
keberlanjutan dalam sejarah; 3.
Pengajar meminta Peserta Daring (Pembelajaran
Online) Peminatan Mia melalui WAG dan Classroom untuk Mengumpulkan informasi
terkait dengan konsep perubahan dan berkelanjutan dalam sejarah dari sumber
tertulis, sumber lainnya dan/atau internet 4.
Pengajar meminta Peserta Daring (Pembelajaran
Online) Peminatan Mia melalui WAG dan Classroom untuk Menganalisis hasil
informasi mendapatkan kesimpulan tentang konsep perubahan dan berkelanjutan
dalam sejarah 5.
Pengajar meminta Peserta Daring (Pembelajaran
Online) Peminatan Mia melalui WAG dan Classroom untuk Menyajikan secara
tertulis kesimpulan tentang konsep perubahan dan berkelanjutan dalam sejarah dan hasilnya di uploud ke WA
pribadi Pengajar untuk diperiksa dan di nilai. |
D. Penilaian
Sikap Pengetahuan Keterampilan |
: : : |
Kedisiplinan
melalui presensi Online Pengerjaan
Latihan 1.
Jelaskan apa itu Sejarah menurut Abdullah! 2.
Apakah yang dimaksud dengan Ideas Menentukan
Sejarah menurut Marxisme? 3.
Deskripsikan analisis Anda mengenai Suatu
masyarakat dikatakan mengalami perubahan sosial jika sistem sosialnya juga
berubah! Karya Tulis Tema : Manusia-manusia Besar
yang mengubah Sejarah Indonesia Langkah-Langkah Pembuatan Karya
Tulis Amati
berbagai usaha yang dilakukan Soekarno-Hatta dalam mengantarkan Proklamasi
Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945. Kumpulkan data sebanyaknya. Anda
dapat melakukan wawancara dengan orang-orang yang secara tidak langsung
mengetahui Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945
melalui peran Soekarno dan Hatta; melakukan studi kepustakaan (jika ada),
melihat foto-foto lama yang berhubungan dengan objek yang Anda amati, lalu
hubungkan dengan peran Manusia-manusia Besar yang mengubah Sejarah Indonesia. Susun
hasil temuan Anda itu lalu buatlah laporan mengenai hasil tersebut ke dalam
Karya Tulis Tangan Anda Minimal 3 Lembar Halaman. Waktu Pengerjaan : 3 Hari (8 Agustus 2020 pkl. 23.59 Wib) Bentuk Hasil : Kerjakan di buku tulis Sejarah di foto bersama diri
Anda serta di kirimkan ke WA Pribadi Pengajar (082160509201). |
Sumber Pembelajaran Daring :
1. Buku
Sejarah kelas X
2. Modul
Sejarah
3.
Abdulgani. Roeslan. 1963. Pengantar Ilmu
Sejarah. Jakarta: Prapanca.
4.
Abdullah, Taufik. 1996. “Di Sekitar
Pengajaran Sejarah yang Refkletif dan Inspiratif”.
5.
Ali, R. Moh. 2005. Pengantar Ilmu
Sedjarah Indonesia. Yogyakarta: Penerbit LKiS.
6.
Carlyle, Thomas. 1841. On Heroes,
Hero-Worship, and The Heroic in History. Six Lectures. London: James Fraser
7.
Collingwood R.G. 1966. The Idea Of History.
UK: Oxford University Press
8. Kartodirdjo,
Sartono. 1993. Pendekatan Ilmu Sosial dalam Metodologi Sejarah. Jakarta:
Gramedia.
Medan, 5 Agustus 2020 Pengajar Mapel
Sejarah Indonesia Ttd Muhammad
Alamsyah, S.S |
No comments:
Post a Comment